Wow, Laboratorium Rp30,8 T Bakalan Ciptakan Bintang di Bumi !

Posted by hsajax Senin, 15 November 2010 0 komentar



California- Laboratorium senilai 2,2 miliar poundsterling (Rp 30,8 triliun) menjadi tempat ilmuwan menciptakan bintang di Bumi. Ini menjadi SDA yang dapat diperbarui di masa depan.

Ruangan tersebut termasuk bagian dari National Ignition Facility (NIF) di Lifermore, California, Amerika Serikat. Ilmuwan mengklaim bahwa laboratorium itu menjadi reaktor fusi berkelanjutan pertama di dunia yang akan menciptakan miniatur bintang di Bumi.


Setelah serangkaian percobaan kunci selama beberapa minggu, proyek sangat mahal itu akanselangkah lagi menciptakan reaksi fusi yang bisa diterapkan pada 2012. Berdasarkan keterangan tim NIF di Livermore, mereka akan menembakkan 192 sinar laser ke reaktor ke target kaca yang mengandung materi tritium dan gas deutrium.

Uji coba itu akan menghasilkan energi dengan kekuatan 1,3 juta mega joule. Ini merupakan rekor dunia dan pengukuran temperatur radiasi puncak di inti mencapai enam juta derajat Fahrenheit. Sebagai perbandingan, suhu di pusat matahari mencapai 27 juta derajat Fahrenheit.

Pejabat di NIF memperkirakan prototipe stasiun energi dari versi reaktor fusi ini bisa beroperasi pada tahun 2020 hingga 2050. Hasilnya, seperempat kebutuhan energi di Amerika Serikat dapat dipenuhi dari tenaga fusi tersebut.

NIF merupakan bagian dari Lembaga Administrasi Keamanan Nuklir Nasional, Departemen Energi AS. Ini merupakan proyek konstruksi laser ilmiah terbesar di dunia. Di dalam NIF, terdapat corong target seberat 130 ton di mana neutron dipecah oleh 192 laser untuk merangsang reaksi fusi.

Proses ini dikenal dengan inertial confinement fusion (ICF). Saat reaktor nyala maka akan menghasilkan suhu yang belum pernah ada sebelumnya. Suhu di dalam ruangan itu akan lebih dari 100 juta derajat dan menciptakan tekanan lebih dari 100 miliar kali tekanan atmosfer Bumi.

Sumber : inilah.com


0 komentar:

| Sampaikanlah Unek2 Anda Walau Satu Ayat |