Merapi Keluarkan Lava Pijar Ke Segala Arah

Posted by hsajax Jumat, 05 November 2010 0 komentar



YOGYAKARTA- Gunung Merapi belum tenang. Baru saja Sabtu (6/11/2010) sekitar pukul 01.20 menyemburkan awan panas dan lava pijar secara beruntun.






Erupsi tingkat sedang ini diawali semburan lava pijar kecil dan kemunculan titik api diam sejak pukul 00.00. Luncuran lava pijar dan awan panas mengarah ke selatan dan ke barat daya ke hulu Kali Senowo.

Dua truk polisi dikawal 50 personel Polda DIY saat ini bergerak ke arah Kaliurang guna mengevakuasi warga yang masih bertahan di perkampungan wilayah Cangkringan.

Semburan Merapi itu bisa disaksikan dari gerbang kampus UII Jalan kaliurang Km 15 yang juga berjarak sekitar 15 kilometer dari Merapi. Luncuran juga mengarah ke Kali Kuning di selatan.

Kawasan puncak saat ini diselimuti awan tebal dan kabut. Luncuran awan panas terjadi berkali-kali, bisa disaksikan juga dari arah Deles di Klaten

Bahkan luncuran beberapa detik lalu terlihat sangat besar mengarah ke selatan dan tenggara. Puncak kadang kelihatan, diselingi kabut dan awan. Arah angin sulit diperkirakan, tapi cenderung ke timur

Sumber : kompas.com


0 komentar:

| Sampaikanlah Unek2 Anda Walau Satu Ayat |