Wow ! Tulang Viking Korban Pembantaian Ini Akhirnya Terungkap

Posted by hsajax Senin, 08 November 2010 3 komentar



Arkeolog mengungkapkan tulang Viking yang temukan di bawah kampus Oxford dua tahun lalu merupakan korban pembantaian brutal 1.000 tahun silam.

Awalnya, ahli kebingungan ketika menemukan kuburan masal di bawah St Johns College, St Giles pada 2008 itu, seperti dikutip dari Oxford Mail. Namun, setelah dua tahun penyelidikan bergaya CSI berakhir, ahli yakin dapat menentukan tanggal pasti pembantaian pemukim Denmark yang terjadi pada 1002 itu.

Thames Valley Archeological Services (TVAS) mengungkap sisa-sisa 34-38 pemuda yang ditemukan pada Maret 2008 selama penggalian gedung baru kampus merupakan korban pembantaian.


Ahli tulang menyadari para pemukim ini mati dibunuh setelah melihat banyak tengkorak retak, luka tusukan di tulang punggung dan tulang panggul, serta terdapat tanda terbakar. Uji yang dilakukan merujuk pada 960-1020, di mana arkeolog pertama mengira temuan ini merupakan sisa eksekusi penjahat Saxon.

Namun, ketika komposisi kimia tulang dianalisa, terungkap makan lebih banyak ikan ketimbang orang Anglo-Saxon, di mana ini lebih merujuk pada pemukim Viking dari Denmark.

Pimpinan proyek dari TVAS, Sean Wallis, meyakini pemukim Viking terbunuh pada Hari St Brice, 13 November 1002 ketika Raja Aethelred the Unready memerintahkan seluruh orang Inggris di kerajaannya membunuh tetangga Denmark mereka.

Bukti membuktikan, penduduk Oxford mengumpulkan pemukim Denmark kemudian membantai mereka dan membakar gereja tempat mereka menyelamatkan diri.

Sumber : Inilah.com


3 komentar:

kisah abu nawas mengatakan...

wooowwww....thanks sharenya
dimana buku tamumu???

hsajax mengatakan...

@kisah abu nawas
Sekarang Lagi nggak pake sob, soalnya klo orang datang jrng ada yang komentar. Semuanya komentar malah dibuku tamu hehe ^_^
OKlah sob ntar tak coba psng di menu atas aja hehe @_@
Thanks dah mampir ^_^

Ilham mengatakan...

Wahh keren nie blog sekarang sudah bannyak iklannya ..
maju terus ..
tetap semangat ... :D

| Sampaikanlah Unek2 Anda Walau Satu Ayat |