Hebat ! Bocah 9 Tahun Ini Akan Taklukkan Everest

Posted by hsajax Senin, 08 November 2010 1 komentar



Anak laki-laki Nepal berusia sembilan tahun akan berusaha menaklukkan gunung Everest. Ia bertekad jadi orang termuda yang mendaki gunung tertinggi di dunia itu.

Tseten Sherpa, yang berhasil menjelajahi 6.000 meter minggu lalu, diharapkan bisa mengalahkan rekor yang dibuat oleh remaja Amerika Jordan Romero yang berusia 13, ketika ia berhasil menjejakkan kaki di puncak Everest pada bulan Mei kemarin.

Menurut hukum Nepal, pendaki harus berusia di atas 16 tahun, tetapi ayah Tseten, Pemba Dorje Sherpa sedang mencari dispensasi khusus agar anaknya dapat membuktikan usahanya pada April tahun depan ketika ia akan berusia 10 tahun.


Tseten Sherpa sempat mendaki Gunung Ramdung di timur Nepal. Pemba Dorje Sherpa yang juga seorang pendaki terkenal mengatakan bahwa ia ingin anaknya menjadi orang termuda yang pernah mencapai puncak Everest.

"Saya pikir rekor Everest harus dipecahkan sendiri oleh masyarakat Nepal," ujarnya. Nepal, menurut Pemba Dorje Sherpa, merupakan negara kecil sehingga mereka jarang mendapatkan publisitas yang baik.

Namun, Menteri Pariwisata Nepal Baburam Bhandari mengingatkan bahwa pemerintah tidak akan mengizinkan pendaki membawa anaknya untuk ke puncak gunung. Gunung Everest memang dapat didaki melalui pemerintah Nepal dan China. Waktu itu, Romero melakukan pendakian dari China yang tidak memiliki batasan usia.

Di sisi lain, presiden Asosiasi Pendaki Gunung Nepal, Nima Numa Sherpa mengatakan bahwa latar belakang anak ini sebagai warga asli seharusnya tidak perlu dihalangi pembatasan usia karena mereka telah terbiasa dengan gunung tersebut.

Sekitar 3 ribu orang mendaki Gunung Everest sejak Edmund Hillary dan Tenzing Norgay menjadi orang pertama yang mendaki gunung setinggi 8.848 meter ini pada 1953

Sumber : inilah.com


1 komentar:

kisah abu nawas mengatakan...

hebat sekali anak ini

| Sampaikanlah Unek2 Anda Walau Satu Ayat |